Di kampus, khususnya di Gamais di mana saya banyak beraktifitas, kirim SMS ke banyak (biasanya disebut nge-jarkom gurita) merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk memberitahukan informasi ke seluruh kader.
Kalau jumlah penerimanya hanya puluhan, mungkin masih bisa efektif menggunakan jarkom tangga/ular atau menggunakan fitur send to many dari handphone. Tapi kalau jumlahnya ratusan bahkan mendekati angka 1000? Cara seperti itu tidak lagi efektif.
Untuk itu, dikembangkanlah (sebenarnya bisa saja menggunakan aplikasi open source seperti Gammu, tapi emang niatnya ngoprek sih^^) sebuah aplikasi SMS yang dapat mengirim SMS ke banyak nomor hanya dengan satu kali klik. Aplikasi tersebut terakhir diberi nama ATCommander. Sebenarnya rencana awalnya ATCommander dikembangkan untuk program Tahajjud Call. Namun, karena beberapa kendala, belum dapat diimplementasi sepenuhnya.
Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Delphi dan berjalan pada sistem operasi Windows. Perangkat keras yang dibutuhkan adalah handphone yang dapat mengirim SMS beserta kabel datanya, serta sebuah PC/Laptop.
Nomor penerima dapat diinput langsung atau disimpan dalam file teks dengan separator bebas. Jadi, langkah-langkah penggunaan aplikasi untuk SMS adalah seperti ini.
  1. Sambungkan handphone dengan PC
  2. Set port yang sesuai lewat menu “Port Setting”, lalu “Open Port”.
  3. Ketik konten SMS dan set SMS Center sesuai provider.
  4. Masukkan nomor penerima baik langsung maupun dari file teks.
  5. Klik “Send to List”, maka program akan mengirimkan SMS tersebut ke semua nomor dalam list.
Referensi dalam mengembangkan aplikasi ini:

Posted by
Categories:

0 komentar: